Thursday, January 31, 2013

QUIZ PART II


Dengan susah dan kepayahan dalam mengerjakan artikel kali ini karena jumlahnya yang slumayan “WOW” tapi akhirnya bisa di rampungkan juga.
Dalam artikel kali ini berisi tentang apa materi yang penulis tahu selama hmpir 1 semester berkuliah dan artikel ini juga berisi review dari artkel-artikel sebelumnya. Yaa.. this is Quiz .. !!
Langsung saja kita masuk ke materi,ada 15 soal yang bercabang kita mulai sekarang :

1.      Sebutkan 20 Software jaringan komputer. !


1)       File zilla
2)        LAN search Pro
3)       EDL CyberCafe
4)       Portable Netsumber 0.4.0 Build 554
5)       IP Sniffer 1.98.1.5
6)       Join to Domain 1.0.5
7)       Portable NetSetman 2.6.3
8)       NeoRouter Network Explorer Portable 0.9.6.1048
9)       Bandwidth Monitoring
10)   Software Chatting LAN
11)   Bandwidth Contoller
12)   SiteCafe 2.5.38
13)  Connection Manager Lite 1.0
14)  Bandwidth Management and Firewall 1.2.0
15)   2hotspot WiFi Hotspot Software 1.4.0.11
16)  Portable eToolz 3.4.4
17)  GetByMail 3.0.1.15
18)  SimpeDekstop 2.15
19)  Remote Control and Monitoring Komputer
20)  TCP Optimizer

2.      Sebutkan 20 Hardware jaringan komputer.!
1).         Hub
2).         Switch
3).         Router
4).         Modem
5).         NIC
6).         Lan Card
7).         RJ 45 Connector
8).         UTP Cable
9).         Bridge
10).            Cluster Control Unit
11).            Front-End Proccessor
12).            Multiplexer
13).            Host
14).            Brouter
15).            Gateway
16).            Repeater
17).            Fyber Optic
18).            Coaxial Cable
19).            Transmitter
20).            Stp Cable

3.      Jelaskan perbedaan HUB,Switch,Router,Bridge


HUB
HUB berfungsi sebagai penyambung atau connector juga sebagai penguat sinyal Kabel UTP. HUB adalah suatu perangkat jaringan yang bekerja pada OS layer1. Perangkat ini hanya bisa berbagi data di jalur yang sama atau hanya satu jalur.
Ada dua jenis hub jika dibagi dari sisi pengelolaan yaitu Hub Manageable dan Hub Unmanageable perbedaannya adalah jika Hub Manageable bisa dikelola menggunakan aplikasi sedangkan Unmanageable tidak.
Fungsi-fungsi lain dari Hub adalah sebagai penyedia flesibilitas dengan interface yang berbeda, penambah jarak network, memanajemen jaringan yang tersentralisasi dan lainnya.

SWITCH
Fungsi dari perangkat ini sebagai penginspeksi data yang masuk,mampu mengirim data tepat ke tujuan, bisa menentukan sumbet dan tujuan data. Switch adalah peralatan sentral yang menghubungkan komputer peralatan dengan jaringan lain. Kemampuan switch lebih baik jika dibanding dengan HUB, Switch juga dapat menangani lebih dari dua port berbeda serta bisa berkomunikasi lebih dari dua komunikasi diwaktu yang sama.

ROUTER
Router berguna untuk membagi protokol suatu jaringan dengan jaringan-jaringan lainnya. Perangkat jaringan yang menggunakan router bisa mentransmisikan informasi dari jaringan satu ke jaringan lainnya menggunakan sistem bridge, menghubungkan suatu jaringan lokal bisa juga menggunakan router dan koneksi ini biasa juga disebut dengan DSL Router.

BRIDGE
Perangkat ini digunakan untuk membuat segmen jaringan atau memperluas jaringan. Daerah operasi perangkat ini berada di dalam lapisan data-link pada model OSI. Bridge ini juga mampu menggabungkan media satu dengan media jaringan lainnya. Bridge juga bisa membuat sinyal yang ditransmisikan oleh pengirim tapi tidak melakukan konversi terhadap protokol, sehingga agar dua segmen jaringan yang dikoneksikan ke bridge tersebut harus terdapat protokol jaringan yang sama (seperti halnya TCP/IP).Bridge juga kadang-kadang mendukung protokol Simple Network Management Protocol (SNMP), dan beberapa di antaranya memiliki fitur diagnosis lainnya.


4.      sebutkan 10 perangkat jaringan wireless dan fungsinya
·         Bluetooth Dongle : Untuk Koneksi Bluetooth
·         Infra Red Dongle : Koneksi Infra Red
·         Wireless LAN USB : Untuk Koneksi Wifi Komputer Yang Tidak Mempunyai Built Wifi Nya
·         Hardware acces point plus : Perangkat Acces Point Dan Router Internal
·         PCI wireless LAN card: Untk Membuat Built In Wireless
·         PCMCIA adapter : Untuk Slot Pcmcia
·         Wireless router : Untuk Jaringan Membuat Jaringan Lokal Lan Secara Wireless
·         Usb add-on PCI slot : Sama Seperti Pci Wireless Lan Tapi Dengan Koneksi Kabel Usb
·         Mini pci bus adapter : Untuk Menambah Wireless Card External
·         Internal filter device : Untuk Filter Konten

5.      10 ISP Layanan Wireless di Indonesia

o   Biznet
o   D-Net
o   Mnet
o   Cbn
o   Eznet
o   Hypernet
o   Broadlink
o   Maxindo
o   Remala Abadi
o   Skylinx

6.      Apa Yang Anda Ketahui Tentang Teknologi Wimax Dan Wifi ?

Wimax adalah pengembangan Teknologi wireless terbaru. Bedanya dengan Wifi Adalah Wimax mempunyai area jangkauan yang luas dibanding wifi serta kecepatan data dan Transfer yang lebih cepat dibanding wifi, bandwith yang lebar juga fitur-fitur yang menarik dibanding dengan wifi karena teknologi wimax termasuk dalam teknologi 4G(Teknologi Masa Depan) dimana teknologi ini masih sangat baru di indonesia dan belum banyak provider yang mau menggunakan teknologi ini karena kurangnya pengembangan dari teknologi Wimax ini.
Satu lagi perbedaan Wifi dengan Wimax terletak pada standar LAN yang digunakan Dimana Wimax ini menggunakan Standar IEEE 802.16,yang  merupakan penggabungan antara standar WiMax dengan standar ETSI HiperMAN
Wimax memiliki dua jenis Band frekuensi pada jaringan wireless nya yaitu Licensed Band dan Unlicensed Ban

7.      Sebutkan 5 Perangkat Voip Besrta Fungsinya :
A.      Soft Switch : Berfunsi Switching,kontrol,pensinyalan,dan interface.
B.      Soft Phone : aplikasi yang memungkinkan penggunaan untuk melakukan penggilan telepon secara langsung dari komputer.
C.      Protocol : mengatur komunikasi diantara beberapa komputer didalam sebuah jaringan sehingga komputer-komputer anggota jaringan dan komputer berbeda platform dapat saling berkomunikasi.
D.     VoIP Server : menghubungkan banyak titik komunikasi server.
E.      VoIP Gateway Protocol :

8.      sebutkan 2 teknologi voip yang ada di indonesia
1.      H.323
2.      Video Converence


9.      5 topologi jaringan dan penjelasan :

a. Topologi Bus
Dalam topologi ini pada akhir dari kabel harus di akhiri dengan satu terminator
Serta komputer-komputer yang akan dijadikan sebagai client dihubungkan pada satu kabel panjang dengan beberapa terminal.

b.      Topologi cincin
Dalam topologi ini setiap komputer yang terhubung ke suatu jaringan saling terkoneksi dengan dua komputer lainnya. Topologi yang sering disebut dengan ring topologi ini adalah topologi jaringan dimana setiap komputer yang terhubung menjadi terkoneksi seperti membuat lingkaran.

c.       Topologi Token Ring
Topologi ini hampir sama dengan topologi ring, hanya saja berbeda pada kabel token ring yang dibuat  menjadi lingkaran terlebih dahulu baru kemudian dihubungkan pada terminal-terminal untuk kemudian dihubungkan dengan komputer-komputer dan alata lainnya.

d.      Topologi Bintang
Perbedaan topologi ini dengan topologi sebelumnya terletak pada alat tambahan yang digunakan, topologi bintang ini sudah menggunakan alat-alat tambahan untuk mengkoneksikan komputer seperti Hub,Switch dll.

e.      Topologi Pohon
Hampir sama dengan topologi Bintang namun Topologi yang ini biasanya digunakan pada gedung-gedung bertingkat seperti di perkantoran dll.





10.  Sebutkan 10 Macam Athena Dan Fungsinya
1.      Antena Sectoral : digunakan juga utuk accsess point to serve a point-to-point (P2MP links. Dpat menampung hingga 5 client.
2.      Antena Grid : biasa digunakan poit-to-point. sudut pola pancaran antena ini lebih fokus pada titik tertentu sesuai pemasangan.
3.      Antena Flat : Fungsinya sama seperti antena grid yaitu memfokuskan ke satu titik. antena ini hanya digunakan untuk jarak yang dekat dan tidak untuk jarak yang jauh.
4.      Antena Rocket : Fungsinya Point-to-point memiliki jangkauan sinyal yang jauh,produk wireless ubiquiti. menggunakan radio rocket M%, cara setinggnya menggunakan browser.
5.      Antena Omidirectional Antena : antena yang memiliki pola pemancar sinyal kesegala  arah dengan daya yang sama, untuk menghasilkan cakupan area yang luas.
6.      Antena Omni : Fungsi utama antena ini adalah untuk memperluas are coverage sinyal,bukan untuk memperkuat sinyal, biasanya digunakan sebagai antena transmitter atau hotspot.
7.      Antena Omni Slotted Maveguide : untuk memancarkan sinyal wireless LAN 2,4 Ghz dengan polarisasi horizotal.
8.      Antena Yagi : Ada banyak fungsi sebenarnya antena yagi itu selain untuk menerima gelombang UHF untuk TV, antena yagi juga bisa untuk menerima gelombang wifi dari internet hotspot.
9.      Antena Parabolik : Dipakai untuk jarak menengah dan jarak jauh, kecepatan akses datanya berkisaran 18db sampai 28db.

11.  Sebutkan Sejarah Perkembangan Gsm Di Dunia Dan Di Indonesia
·         Sejarah Teknologi GSM di Dunia
Negara-negara Eropa membentuk sebuah organisasi pada tahun 1982 yang bertujuan untuk menentukan standar-standar komunikasi selular yang dapat digunakan di semua negara Eropa. Organisasi ini dinamakan Group Special Mobile (GSM). Organisasi ini memelopori munculnya teknologi digital selular yang kemudian dikenal dengan nama Global System for Mobile Communication atau GSM.
Pemakaian GSM kemudian meluas ke Asia dan Amerika, termasuk Indonesia. Indonesia awalnya menggunakan sistem telepon selular analog yang bernama AMPS (Advances Mobile Phone System) dan NMT (Nordic Mobile Telephone). Namun dengan hadir dan dijadikannnya standar sistem komunikasi selular membuat sistem analog perlahan menghilang, tidak hanya di Indonesia, tapi juga di Eropa.
Riwayat :
1982, Konferensi Administrasi Pos dan Telekomunikasi (CEPT) memulai pembangunan "Groupe Special Mobile"
1987, Regulator dan Operator Se-Eropa menandatangani MoU tentang GSM
1 Juli 1991, jaringan GSM pertama di Radiolinja Finlandia, dibuka secara resmi
1992, semua operator besar di Eropa memulai pengoprasian jaringan GSm secara komersil

·         Sejarah Teknologi GSM di Indonesia
1993, Pemerintah membuat project pilot GSM pertama di Batam
1994, Satelindo beroprasi
1995, Telkomsel beropreasi
1996, Excelcomindo
2001, GPRS diluncurkan oleh IM3
2004, EDGE diluncurkan oleh Telkomsel

12.  Sebutkan 5 Operator Yang Menggelar Jaringan GSM Dan CDMA Beserta 10 Layannannya Pada Operator Masing-Masing
1).    INDOSAT : Call, Call Divert, Call Forwarding, Call Waiting, SMS, MMS , GPRS, EDGE(2G), 3D , HDSPA
2).    TELKOMSEL : Call, Call Divert, Call Forwarding, Call Waiting, SMS, MMS , GPRS, EDGE(2G), 3D , HDSPA
3).    XL :  Call, Call Divert, Call Forwarding, Call Waiting, SMS, MMS , GPRS, EDGE(2G), 3D , HDSPA(Hotroad 3Gplus)
4).    THREE : Call, Call Divert, Call Forwarding, Call Waiting, SMS, MMS , GPRS, EDGE(2G), 3D , HDSPA
5).    SMARTFREN : Call, Call Divert, Call Forwarding, Call Waiting, SMS, MMS , GPRS(1x), EDGE(1x), 3D (Evdo Revisi A), HDSPA(Evdo Revisi B)



13.  Jelaskan Apa Yang Anda Ketahui Tentang HSDPA Dan HSUPA.

·         HSDPA : HSDPA (High Speed Downlink Packet Accsess) merupakan perkembangan akses data selanjutnya dari 3G (3.5G) karena HSDPA masih berjalan pada platform 3G.
·         HSUPA yaitu singkatan dari (High Speed Uplink Packet Accsess), yaitu kemampuan mengupload data dari komputer/laptop user ke internet. Contoh : kecepatan UPLOAD foto ke facebook. blog dan sebagainya.

14.  Jelaskan Perbedaan   Lte Dan Evdo Rev.C.

Ø  EVDO Rev.C Revisi C akan mendukung skalabilitas chanel bandwidht yang fleksibel dan dinamis dari 1,25 MHz sampai 20 MHz dan akan mundur kompatibel dengan revisi A dan B. saat ini ,3GPP2 sedang mengevaluasi berbagai usulan, yang meliputi OFDM, MIMO, dan teknik SDMA interferensi pembatalan, dengan harmonisasi proposal akan selesai pada bulan juni tahun ini.
Ø  LTE (Long Tern Evolution) merupakan teknologi 4G yakni sebuah standar komunikasi akses data nirkabel tingkat tinggi yang didasarkan pada jaringan GSM/EDGE dan UMTS/HSPA dimana terjadi peningkatan dalam hal kapasitas dan kecepatan dengan mengguakan teknik modulasi baru.

15.  Sebutkan 20 kartu selular (GSM dan CDMA) yang ada di indonesia.

GSM
1.      IM3
2.      Mentari
3.      Simpati   
4.      KartuAS   
5.      KartuHALO
6.      Axis
7.      Three(3)
8.      Matrix
9.       
            CDMA
1.      Smart
2.      Fren
3.      Esia
4.      Flexi
5.      Jempol
6.      Bebas
7.      StarOne
8.      Hepi
9.      Ceria
10.  Star One Pasca bayar

No comments:

Post a Comment