Wednesday, January 2, 2013

Layanan VoIP Menurut Saya



Pada Tulissan kali ini saya akan membahas tentang 10 Provider  yang telah menyediakan layanan VOIP yang ada di indonesia. Sebelum jauh membahas tentang materi itu saya akan menjelaskan sedikit tentang VOIP yang saya ketahui.
VOIP/Voice Over Internet Protokol adalah Suatu teknologi jaringan internet yang di gabung dengan teknologi telepon sehingga menghasilkan Voice atau suara yang realtime. Voip biasa juga dipanggil IP Telephony, Teknologi ini kini mulai agak dilupakan oleh pengguna mengingat semakin murahnya Teknologi jaringan seluler di indonesia. Namun ada sebagiian orang yang masih menggunakan teknologi ini karena teknologi VOIP mempunyai beberapa kelebihan diantaranya adalah murahnya teknologi ini jika digunakan SLJJ dibanding dengan Teknologi seluler.
Berikut adalah 10 Provider yang masih menggunakan layanan VOIP :

1.       TELKOM DOMESTIC CLEARING/TDC
Dalam mengembangkan Layanan ini Telkom tidak berjalan sendiri, mereka menggandeng Perusahaan PT. Vasindo Teleinternet yang bertugas sebagai pengelola layanan dan Telkom sebagai Pengembangnya. Telkom dan PT. Vasindo Teleinternet Mematok harga Rp.3000/Menit untuk melakukan panggilan SLJJ dalam layanannya.

2.       VOIPSTUNT
Layanan ini memiliki kualitas kejernihan suara yang bagus jika melakukan panggilan ke luar negeri, Biaya yang dikenakan untuk melakukan panggilan menggunakan layanan ini adalah sekitar € 0,070/menit.

3.       FreeCall
Untuk menggunakan layanan ini kita harus menginstall terlebih dahulu aplikasi freecall setelah aplikasi terinstal langkah selanjutnya harus melakukan registrasi  setelah registrasi selesai baru kita bisa menggunakan layanan “FreeCall”. Untuk 90 hari pertama kita di berikan gratis melakukan panggilan 300menit/minggu atau biasa disebut “FreeDays”. Jika layanan FreeDays sudah tidak bisa digunakan lagi layanan Voip “FreeCall” ini mamasang tarif sekitar € 0,020/menit.

4.       Skype
Layanan ini mungkin sudah tidak asing lagi di telinga para pengguna layanan Voip, selain karena skype ini gratis dan koneksinya yang mudah, layanan ini juga kini menjadi trend di kalangan pengguna Voip karena Skype sering digunakan oleh Acara-acara TV internasional maupun nasional untuk menghubungi narasumber di tempat yang berbeda. Skype sebenarnya tak sepenuhnya gratis jika kita tidak mempunyai aplikasi skype maka kita akan dikenakan biaya namun untuk membayarnya kita bisa membeli Credit dari skype. Tarifnya pun sangat murah yaitu sekitar 10 cent USD/Menit atau sekitar Rp. 900.- /Menit.

5.       Google Plus+
Google.inc kini telah meluncurkan jejaring sosial yang menggunakan konsep Voip yang bisaa gunakan secara free dengan user lain sesama pengguna layanan Google Plus+. Selain Layanan suara Google Plus+ juga meluncurkan layanan VideoCall dimana kita bisa bertatapan langsung dengan user lain jika menggunakan layanan yang biasa disebut “HangOut” dalam jejaring sosial tersebut.

6.       Indosat Plat call 01016
Layanan ini mematok tarif Rp. 120/6 Detik. Namun biasanyan Indosat Plat Call memasang tarif tergantung dengan daerah tujuan mana yang hendak kita tuju sehingga besaran tarif dalam layanan ini bisa bervariasi.

7.       Telkomsel/SLI 01052
Tak mau ketinggalan dengan provider-provider lain kini perusahaan Telkomsel juga meluncurkan layanan Voip, mereka memperoleh lisensi VoIP01052 dimana memungkinkann Para customer untuk melakukan panggilan internasional dengan tarif yang relatif murah yaitu sekitar Rp. 1000/ paket yang kita gunakan, adapun untuk mendaftar paket di layanan ini adalah dengan cara mendaftar dengan mengetik : VoIP SUB Harga paket lalu kirim ke 8999.

8.       Three 01089
PT. Hutchison CP telkom ini akhirnya memperoleh lisensi VoIP di Nomor 01089 dimana layanan Voip dari three ini lebih murah dibanding layanan telepon lokal biasa ini yang menyebabkan layanan Voip dari three mulai digemari para pelanggannya. Three mematok harga Rp. 299/menit untuk melakukan panggilan ini.

9.       Nimbuzz
Hampir mirip dengan layanan Skype layanan ini juga layanan Voip berbasis mobile secara free. Dimana kita bisa melakukan komusikasi secara free dengan user nimbuzz lainya.

10.   Mig33
Layanan ini juga menawarkan layanan Voip yang berbasis mobile serta free. Namun Mig33 hanya memungkunkan digunakan para user yang menggunakan mobile yang bersistem operasi java.

No comments:

Post a Comment