Saturday, October 6, 2012

TUGAS 2

  1. Apa definisi atau pengertian dari cloud computing atau komputer awan ?
  2. apa manfaat dari komputer awan tersebut ?
  3. Bagaimana prinsip keja komputer awan ?
  4. Sebutkan dan jelaskan klasifikasi layanan dari komputer awan tersebut ?
  5. Berikan contoh perusahaan dari tiap klasifikasi komputer awan tersebut minimal 2 perusahaan dan 2 layanan dari tiap klasifikasi !

Jawaban :


1.  Cloud computing atau komputer awan adalah sistem yang digunakan
     untuk memindahkan layanan yang digunakan sehari- hari ke Internet, bukan disimpan
     di komputer lokal lagi. Dengan kata lain komputer awan adalah komputasi berbasis internet.

2. komputer awan sangat bermanfaat untuk banyak pihak, manfaat tersebut antara lain :

A.  Hemat Biaya 

Pengunaan teknologi Cloud Computing membantu para perusahaan untuk menghemat biaya dalam hal-hal berikut ini :
  • Mengurangi biaya infrastrukur kebutuhan komputer
  • Pengurangan biaya Listrik
  • Tidak perlu membeli software dasar untuk aplikasi
  • Mengurangi tenaga IT Profesional sehingga menghemat biaya perawatan.
B. Meningkatnya Kapasitas
Kapasitas cloud computing memang tergantung pada biaya sewa, namun teknologi cloud computing bisa menyimpanan data pada cloud computing lebih besar daripada komputer pribadi.
C. Memudahkan Belajar
 Dengan Cloud Education atau Cloud Campus maka siswa bisa mengikuti pelajaran tanpa harus datang ke sekolah tetapi bisa secara remote lewat internet. Sehingga jumlah peserta per-satu kelas bisa menjadi tidak terbatas seperti umumnya pendidikan yang membutuhkan ruangan secara fisik. Dengan demikian untuk masalah yang kedua juga menjadi teratasi karena biaya penyelenggaraan pendidikan jadi jauh lebih murah.  Ditambah lagi dengan pemakaian ebook sebagai sumber pustaka sehingga bisa diberikan secara gratis kepada para siswa.  Microsoft baru saja menginvestasikan US$300 juta untuk ebook.


3.  Prinsip Kerja


Pengguna (user) dapat memesan dan mengelola layanan secara otomatis tanpa interaksi langsung dengan penyedia layanan layaknya kita saat menggunakan listriik. kapasitas data yang disediakan komputer awan ini disediakan secara cepat seolah-olah pengguna bisa mendapatkan informasi secara tidak tebatas  . sedangkan cara pembayaranya dapat dilakukan perbulan atau pertahun sesuai kontrak dengan penyedia layanan.cara kerja komputer awan ini lebih praktis dan sederhana yang memudahkan kita sebagai pengguna (user) .

Misalnya Microsoft salah satu penyedia Cloud Computing berperan menyediakan aplikasi yang dapat di gunakan langsung oleh penguna (client)/perusahaan. Mereka tinggal menghubungi penyedia layanan (dalam hal ini Microsoft) kemudian menyambungkan pengguna (client)/perusahaan dengan layanan tersebut (dalam hal ini melalui Internet) dan tinggal menggunakannya. Sedangkan pembayarannya cukup dibayar per bulan atau per tahun tergantung kontrak sesuai dengan pemakaian

4&5. Klasifikasi Layanan dari Komputer Awan dan contoh perusahaannya.

  • Softwere as a service Saas : merupakan layanan aplikasi dimana kita menggunakan aplikasi itu kapan dan dimana saja melalui internet.
Layanan           : Lotuslive.com dari IBM Layanan kolaborasi atau komunikasi terpadu Xero.com akunting online
Penyedia layanan   :  BILLING: arya sytems,eVapt,zoura
                                PRODUCTIVITY : zoho,IBM loctus live,google apps
  • Platform as a service Paa : pada layanan ini kita bisa membuat sendiri aplikasi atau software       yang kita inginkan termasuk skema database yang kita perlukan
Layanan : Sales foce melalui force.com menyediakan modul modul untuk menggembangkan aplikasi       diatas sales force menggunakan bahasa apex.
Penyedia layanan : INTEGRATION : Amazon sqs, boomi,snaplogic
                            DATABASE       : Google big table fathom db, microsoft sds
  • Infrastructur as a service IasS : merupakan penyedia layanan yang hanya menyediakan                     sumber daya komputasi seperti prosesor,memory,dan storage yg sudah tervirtualisasi
Layanan : Menyewakan sumberdaya teknologi dasar yang meliputi media penyimpanan prosesing,power,memory,sistem operasi,kapasitas jaringan dan lain lain 
Penyedia layanan : COMPUTE : joyen accelerations,mosso could service
                             STORAGE  : amazon  s3,zetta

No comments:

Post a Comment