Saturday, November 3, 2012

QUIZ

I. Jelakan apa yang Anda ketahui tentang Teknologi input/output.?
  1. Penjelasan DVORAK DAN QWERTY
    • DVORAK : Merupakan sebuah tata letak papan ketik yang di patenkan Tahun 1936 oleh August Dvroak (seorang professor dan psikolog pendidik di university of Washington  di seattle) dan William Dealey.
    • QWERTY: Merupakan jenis tata letak pada tombol-tombol keyboard yang di gunakan pertama kali pada sebuah mesin tik buata E. Remington pada tahun 1874. Penamaan qwerty itu sendiri karena tombol-tombol huruf Q.W.E.R.T.Y. berada secara berurutan seperti terlihat pada baris paling atas dari papan ketik ini.
  2. Penjelasan OCR,DMR,OpScan
    • OCR : Singkatan dari Optical Charakter Recognition, merupakan alat mekanis atau elektronika yang di gunakan untuk menterjemahkan tulisan tangan ataupun naskah ketika berupa image/ gambar yang biasanya dipindai menggunakan Scanner menjadi teks yang dapat di edit dengan suatu aplikasi komputer.
    • DMR :  singkatan dari Digital Mark Reader, merupkan aplikasi yang memungkinkan pengguna scanner dokumen untuk melakukan suatu suatu pemerikasaan form , kuisioner, dan entri data dengan teknologi pengenalan data.
    • OpCan : meruoakan Scenner khosus yang menggunakan teknologi OMR. Alatl ini membaca tanda-tanda yang terdapa dapa lembar jawaban komputer yang biasanya menggunaka pensil 2B yang menandai jawaban.
  3. OMR
    • OMR :  singkatan dari Optikal Mark Recignition, adalah sebuah perangkat lunak (software) yang memproses data melalui pantulan cahaya dengan menggunakan alat pemindai (scanner)
  4. MICR
    • MICR  : Magnetik Ink Charakter Recognition merupakan alat pembaca magnetis yang banyak digunakan untuk mengecek berbagai dokumen berharga agar sikar di palsukan. Pemakayannya banyak digunakan di Bank-Bank. Alat ini mampu membaca huruf-huruf yang ditulis pada kertas yang dibuat dengan tinta megnetis, baik tulisan tangan ataupun magnetis.
  5. RFID
    • RFID : singkatan dari Radio Frequenci Identification, adalah sebuah metode identifikasi dengan sarana yang di buat label FRID  atau Trasponder untuk menyimpan dan mengambil data jarak jauh. Label FRID terdiri dari chop silikon dan antena, fungsinya untuk dipasangkan pada objek agar dapat diidentifikasikan menggunakan gelombang radio dari jarak jauh.
  6. ASR
    • ASR : Automatic Speed Recognition merupakan teknologi pengenalan suara otomatis atau sebuah teknologi yang memungkinkan sebuah input dapat diwakilkan dengan menggunakan suara saja.
  7. CCD
    • CCD : Charger Coupled Device merupakan sebuah sensor untuk merekam gambar. Terdiri dari sirkuit terintegrasi berisi larikan kondesator yang terhubung atau berpasangan. CDD banyakdigunakan dalam fotografi digital dan astronomi (terutama dalam fotometri) optikal dan spektroskopi UV.
  8. Penjelasan CGA,EGA,VGA,XGA,SXGA, UXGA.
    • CGA : Color Graphic Adapter. Merupakan monitor yang diluncurkan IBM pada tahun 1981 dan baru memiliki 4 warna dengan resolusi 320 x 200 pixel.
    • EGA : Enhanced Graphics Adapter. Merupakan kelanjutan dari teknologi CGA, dimana kemampuanya mengalami peningkatan yang cukup pesat menjadi 16 warna dengan resolusi 640x350 pixel.
    • XGA : Extented Graphics Array. Merupakan standar tampilan komputer yang diluncurkan IBM pada tahun 1990 dengan resolusi 1024 x 768 pixel
    • SXGA :  Super Extented Graphics Array. Merupakan teknologi computer yang keberadaanya setingkat lebih tinggi dari XGA dengan resolusi standar 1280 x 1024 pixel, dan merupakan teknologi yang paling banyak digunakan pada monitor LCD dan 19 inchi.
    • UXGA : Ultra Extented Graphics Array, Mengacu pada resolusi default SVGA (800 x 600 ) sebesar 480.000 pixel.
  9. Penjelasan Omnidirectional,Undirectional,Noise Canceling Dan Echo Canceling.
    Untuk lebih jelas dan spesfiknya, saya jelaskan istilah ini dari segi teknologi microphone sebagai komponen input pada computer
    • Omnidirectional : merupakan jenis microphone yang dapat merekam suara dari semuah arah.
    • Echo Canceling : merupakan microphone yang dapat menghilangkan game atau umpan balik yang muncul antara microphone dengan pembicara
    • Nosie Canceling : merupakan jenis microphone yang dapat menghilangkan gangguan suara pada latar belakang,
  10. Penjelasan THX, DDS, DTS
    • THX : adalah sebuah teknologi audio yang menyediakan seluruh virtual surround sound untuk mengontrol tingkat perendaman suara.
    • DDS : Direct Digital Syntechizer. Adalah sebuah teknologi penghasil sinyal analog berupa sinus dengan membangkitkan sinyal dengan waktu yang berubah- ubah dengan bentuk digital dan kemudian bentuknya di rubah dengan digital to analog converter
    • DTS : Digital Theatre System. Adalah sarangkaian multichannel teknologi audio yang menggunakan system digital surround format.
  11. Pasive Matrix dan Active Matrix
    • Passive Matrix : merupakan teknologi pada layar LCD yang masih sederhana dimana pada prinsipnya , setiap LCD, menggunakan metrix untuk menempatkan pikel dan kemudian dialiri listrik. Pada layar metrix passive sebuah transistor mengontrol seluruh pixel pada baris dan kolom di layar datar.
    •  Active matrix : pada layar active matrix di sebut juga TFT ( thin –flat transistor ) dimana masing- masing pixel pada layar datar di control oleh sebuah transistor tersendiri.

  12. Penjelasan Dotmatrix, Bubblejet, Deskjet, Impact, Ink-jet, Laser.
    • Dot Matrik : merupakan teknologi printer yang bekerja dengan menggunakan head yang terdiri atas 9 dan 24 pin. Untuk mencetak hasil kerja , printer jenis ini menggunakan bahan pita karbon seperti yang di gunakan pada mesin tik dan masih menggunakan port komunikasi berupa port parallel.
    • Bubble jet : deskjet dan ink jet. Prinsip kerja teknologi printer ini hamper sama, yakni ketiganya dalam proses pencetakan nya menggunakan semprotan tinta ( dimana proses penyemprotannya di atur oleh computer ) ke media cetak guna menghasilkan karakter atawpun gambar yang sesuai.
    • Impact : teknologi printer yang dapat membentuk karakter atau gambar dengan mekanisme tertentu. Misalnya print hammer atau bola pada pita bertinta sehingga memunculkan gambar di keretas.
    • Laser Jet : merupakan printer yang menggunakan teknologi yang sama seperti mesin photochopy yaitu panas dan tekanan dan mengikat toner kepermukaan halaman keretas. Printer laser jet juga mencetak hitam putih atau berwarna dan mempunyai resolosi 300- 1.200 dpi atau lebih, serta memberikan kualitas yang lebih baik dari pada printer dot matrik dan ink jet.

  13. LCD, EL, Plasma, CRT
    • LCD : liquid Crystal display. Merupakan teknologi monitor yang menggunakan sejenis Kristal cair yang yang dapat berpendar.
    • PLASMA : merupakan teknologi monitor dengan display datar yang memanfaatkan teknologi fosfor yang dapat berpendar pada plasma gas tiap sel warna memiliki gas yang bertekanan rendah yang terletak di belakang nya.
    • CRT : Cathoda Ray Tube. Merupakan teknologi monitor yang memanfaatkan tabung sinar katoda untuk penampil layar nya. Teknologi ini memunculkan tampilan pada monitor dengan cara memancarkan sinar electron ke suatu titik di 

      Sumber :
        http:/ student.eepis-its.edu
        http:/ id.wikipedia.org
        http:/ en.wikipedia.org
        http:/ google.com
II. Jelaskan apa yang anda pahami tentang teknologi prossesor ?
  1. SSE,SSE2,SSE3
    • SEE      : Streaming SIMD Extension. Adalah instruksi SIMD set ektensi untuk arsitektur x86 yang di rancang oleh intel dan di perkenalkan pada tahun 1999.instruksi SIMD dapat sangat meningkatkan kinerja tepatnya operasi yang sama harus di lakukan pada objek data.aplikasi yang umum adalah pemrosesan sinyal digital dan pengolahan data grafis.
    • SSE2    : adalah salah satu dari SIMD Intel (intruksi single,data-data ganda)prosessor instruksi tambahan set pertama di perkenalkan oleh intel dengan persi awal Pentium 4 pada tahun 2001.
    • SEE3    : adalah perubahan dari SEE2 dan mempunyai 13 instruksi lebih banyak dari pada SSE2.·
  2. 3d Now!
    • 3 DNow! : teknologi ini berfungsi memperbaiki aspek teknologi Multimedia yang akan di pakai pada processor AMD. 3D Now! Didesain untuk meningkatkan kemampuan CPU dalam pengolahan/pemrosesan vector yang di perlukan untuk aplikasi grafis secara intensif.
  3. NXBit
    • NX Bit adalah teknologi yang di gunakan oleh prosesor untuk memisahkan sebagian area memori untuk untuk tempat penyimpanan lain, misalnya tempat penyimpanan data. Bagian memori di beri tanda ( atribut NX) yang berarti haya dapat di gunakan untuk pnyimpanan data.
  4. Power Now!
    • Power Now! adalah teknologi yang di gunakan oleh AMD untuk mengurangi kecepatan kerja prosesor dalam upaya menghemat energy/power. Teknologi ini biasanya di aplikasikan pada prosesor mobile yang bisa di gunakan untuk laptop.
  5. Cool 'n' Quiet
    • Cool 'n" Quiet adalah teknologi yang di digunakan oleh AMD untuk mengurangi kecepatan kerja prosesor dalam upaya untuk menghemat energy listrik. Teknologi ini dengan cara menurunkan clock rate dan voltage prosesor pada saat prosesor dalam posisi idle ( diam/tidak bekerja) sehingga mengurangi konsumsi daya listrik yang di butuhkan oleh computer serta membuat prosesor tida cepat panas dan menurunkan kecepataan kipas sehingga computer jadi lebih dingin dan tenang seperti namanya Cool Quiet.
  6. Hyper Threading
    • Teknologi Hyper Threading (HT) adalah sebuah teknologi yang dikembangkan oleh Intel agar dapat meningkatkan kinerja processor, dengan cara memberikan instruksi melalui software untuk membelah diri (splitting) menjadi beberapa aliran (thread). Teknologi Hyper Threading menyediakan thread-level secara paralel pada setiap processor, sehingga penggunaan sumber daya processor menjadi lebih efisien, memungkinkan beberapa thread untuk berjalan pada setiap inti (core).

  7.  Dual Core.
    • Dual Core merupakan teknologi prosesor dimana salah sati chip prosesornya terdapat 2 inti prosesor sehingga dapat meningkatkan kinerja prosesor tersebut.

  8. Speed Step.
    • Speed Step merupakan teknologi prosesor yang dapat mengatur kecepatan clock speednya secara otomatis sesuai dengan kebutuhan pemprosesan untuk menghemat daya, jadi ketika prosesor dalam keadaan idle atau menganggur , maka maka akan berjalan pada clock speed yang rendah, tapi ketika di gunakan untuk menggunakan aplikasi-aplikasi yang berat maka prosesor tersebut akan meningkatkan clock speednya hingga batas maksimal.

  9. Hyper Transport.
    • Teknologi pada prosesor AMD ini mampu meningkatkan sytem kinerja secara ke seluruhan dengan menyingkirkan bottlenecks pada level input- output meningkatkan bandwith,mengurangi latancy system.

  10. MMX.
    • Teknologi ini merupakan sebuah perluasan intruksi mikroprosesor yang membantu prosesor perhitungan pada beberapa aplikasi, yaitu aplikasi multimedia, game, editor gambar dua dimensi, komprensi/ dekompresi,enkripsi,dan aplikasi lainnya.




      Sumber:
      http//www.intel.com/id iD/products/processors
       http:/ id.wikipedia.org/wiki/Advanced Micro Devices
       http// gpinkom.wordpress.com/2008/07/14/fitur-fitur-teknologi-pada-prosesor-amd/

III.Jelaskan type BUS pada Personal Computer  di bawah ini.! 
  1. ISA (Industri Standart Architecture)
    • Bus ISA (Industry Standard Architecture) adalah sebuah arsitektur bus dengan bus data selebar 8-bit yang diperkenalkan dalam IBM PC 5150 pada tanggal 12 Agustus 1981. Bus ISA diperbarui dengan menambahkan bus data selebar menjadi 16-bit pada IBM PC/AT pada tahun 1984, sehingga jenis bus ISA yang beredar pun terbagi menjadi dua bagian, yakni ISA 16-bit dan ISA 8-bit. ISA merupakan bus dasar dan paling umum digunakan dalam komputer IBM PC hingga tahun 1995, sebelum akhirnya digantikan oleh bus PCI yang diluncurkan pada tahun 1992.

  2. EISA (Extended Industri Standart Architecture)
    • Bus EISA (Extended/Enhanced Industry Standard Architecture) adalah sebuah bus I/O yang diperkenalkan pada September 1988 sebagai respons dari peluncuran bus MCA oleh IBM, mengingat IBM hendak "memonopoli" bus MCA dengan mengharuskan pihak lain membayar royalti untuk mendapatkan lisensi MCA. Standar ini dikembangkan oleh beberapa vendor IBM PC Compatible, selain IBM.
  3. VL Bus
    • VL-BUS (Vesa Local BUS) merupakan jalur yang dibuat untuk menyesuaikan kecepatan mikroprosesor di dalam komputer.

  4. PCI (Pheripheral Component Interconnect)
    • PCI (Peripheral Component Interconenct) adalah bus yang di desain untuk menangani beberapa perangkat keras. Standar bus PCI ini dikembangkan oleh konsorsium PCI Special Interest group yang dibentuk oleh Intel Corporation dan beberapa perusahaan lainnya, pada tahun 1992.

  5. AGP (Accelerated Graphic Port)
    • AGP (Accelerated Graphics Port) adalah sebuah bus yang dikhususkan sebagai bus pendukung kartu grafis yang berkinerja tingg, yang kemudian menggantikan bus ISA, VESA, dan PCI yang sebelumnya depergunakan.
  6. Fire Wire
    • FireWire adalah nama merk dagang dari apple sekaligus nama yang paling populer untuk standar kabel-data antar muka berseri IEEE 1394. Firewire merupakan jenis kabel-data yang mampu mengirim data dengan kecepatan yang sangat cepat, samapi pada rata-rata 400 Mbps. FireWire diklaim sebagai saluran penghantar data yang paling cepat dan stabil diantara saluran laion seperti USB.

  7. USB
    • USB (Universaql Serial Bus) adalah standar bus serial untuk perangkat penghubung, biasanya kepada komputer namun juga digunakan di peralatan lainnya seperti konsol permainan, ponsel, dan PDA.
  8. PCI Express
    • PCI-Express adalah slot ekspansi module, didesain untuk menggantikan PCI bus yang lama. Banyak motherboard yang mengadopsi PCI-Express dikarenakan memiliki transfer data yang lebih cepat, terutama untuk keperluan grafis 3D. Slot ini memiliki kecepatan 1x sampai 32x, dan PCI-Express menggunakan sistem serial yang mampu berkomunikasi 2 kali (tulis/baca) dalam satu rote clock.

      Sumber :
      http://id.wikipedia.org/wiki/
      http://seputarhardware.blogspot.com/2011/04/mengenal-teknologi-processor-intel.htm
      l
IV. Jelaskan teknologi Komputer.!
  1. Komputasi Awan ( Cloud Computing )
    • Komputasi Awan adalah penggabungan manfaat dari berbagai teknologi komputer dengan pengembangan berbasis internet. Komputasi awan sebagai Layanan teknologi informasi melalui jaringan internet, dimana kita bisa menggunakan aplikasi tanpa menginstalnya.
  2. Komputasi Hijau (Green Computing)

    • Computer Hijau merupakan suatu komputer yang ramah lingkungan. Dimana komputer ini bertujuan untuk mengurangi penggunaan bahan yang  dianggap berdampak negatif, memasimalkan efesiensi energi dan mempromosikan biodegradabilitas.
  3. Komputasi Kuantum
    • Komputer kuantum adalah alat hitung yang menggunakan sebuah fenomena mekanika kuantum, misalnya superposisi dan keterkaitan, untuk melakukan operasi data. Teori komputasi yang dibangun berdasarkan prinsip-prinsip mekanika kuantum. Algoritma kuantum memiliki efisiensi yang jauh lebih baik dibanding algoritma klasik yang dipakai pada komputer saat ini.
  4. Komputasi Optik.
    • Komputasi Optik adalah suatu teknologi komputer yang melakukan penghitungan, operasi, penyimpana dan transmisi data menggunakan cahaya. Komputer ini menggunakan serat optik untuk mempercepat pengiriman data menuju kesemua jaringan komputer.
  5. Komputasi DNA.

    • Komputasi DNA adalah suatu bentuk komputasi yang menggunakan DNA, biokimia dan biologi molekul, bukan berbasis silikon seperti konvensional komputer teknologi. Dimana teknologi ini dapat digunakan untuk mempresentasikan sinyal digital on/off yang disebut biochip.
  6. Komputasi Paralel.

    • Komputasi Parareladalah suatu teknik untuk melakukan komputasi secara bersamaan dengan memanfaatkan komputer independen secara bersamaan.
  7. Komputasi Vektor.

    • Komputasi Vektor adalah sebuah mesin yang dirancang agar lebih efisien dalam menangani operasi aritmatika pada elemen-elemen susunan sistematis objek, yaitu objek.


    Sumber :
V.Jelaskan teknologi port I/O dibawah ini.!
  1. COM
    • COM merupakan sebuah nama antar muka port serial pada IBM PC yang dapat digunakan untuk menghubungkan atau mentransfer data secara serial.
  2. Paralel
    •  Pararel merupakan sebuah port antarmuka yang dapat ditemukan pada PC yang digunakan untuk menghubungkan berbagai pheriperal.
  3. USB (Universal Serial BUS)
    •  USB adalah standar bus serial untuk perangkat penghubung biasanya pada komputer namun juga dipergunakan di peralatan lainnya seperti konsol permainan, ponsel dan PDA.
  4. SCSI
    • SCSI (Small Computer System Interface) adalah sebuah antarmuka bus yang berkinerja tinggi yang digunakan untuk menangani perangkat I/O atau perangkat media penyimpanan. Perangkan yang umum menggunakn SCSI adalah Hard disk, CD-ROM, Printer dan Scanner.
  5. Infrared
    • Infrared merupakan sinar elektromagnetik yang panjang gelombangnya lebih daripada cahaya nampak, yaitu diantara 700nm dan 1mm. Sinar infra merah merupakan cahaya yang tidak tampak. Jika dilahat dengan spektroskop cahaya maka radiasi cahaya infra merah akan nampak pada spectrum electromagnet dengan panjang gelombang diatas panjang gelombang cahaya merah.
  6. Serial.
    •  Serial merupakan sebuah bentuk komunikasi data dengan pengiriman data secara satu per satu dengan menggunakan satu jalur kabel data. Komunikasi Serial ini hanya menggunakan 2 kabel data yaitu kabel data untuk pengiriman yang disebut transmit dan kabel data untuk penerimaan disebut receive.
     
  7. HDMI (High Definitions Multimedia Interface)
    • HDMI (High Definiton Multimedia Interface) merupakan sebuah interface yang membundle audio/video sekaligus dengan satu penghubung. Fungsinya adalah untuk menyampaikan data dari mesin penghasil audio/vedeo ke media lain yang didesain untuk menerimanya.
  8. 1394
    • 1394 merupakan standar koneksi internasional, yaitu interface digital yang memungkinkan tranmisi data secara cepat yang menghubungkan perangkat-perangkat digital seperti komputer pribadi.


    Sumber :


VI.Apa yang anda pahami tentang teknologi slot expansion.?
  1. VGA Card (Video Graphic Adapter)
    •  VGA Card (Video Graphic Adapter) suatu teknologi yang berfungsi untuk mengolah data grafis yang ditampilkan pada layar monitor. VGA juga memiliki processor yang dinamakan GPU. (Graphic Processing Unit) yang membutuhkan memory juga.
     
  2. Sound Card
    • Sound Card merupakan suatu perangkat keras (Hardware)  komputer yang berfungsi untuk menghasilkan suara dan merekam suara. Sound Card juga merupakan perangkat yang wajib pada komputer.
  3. Lan Card
    • Lan Card merupakan penghubung antar sistem komputer dengan kinerja komputer lain ataupun merupakn sinyal untuk saling berbagi antara komputer satu dengan komputer yang lain.
     
  4. Multimedia Card
    • Multimedia Card merupakan Hardware komputer yang berfungsi untuk mengoptimalkan kinerja untuk multimedia.

  5. TV Card
    •  TV Card merupakan perangkat komputer yang bisa membuat komputer mampu memproses sinyal televisi untuk ditampilkan dilayar monitor. TV Card ini berfungsi ganda sebagai kartu penangkap gambar video sehingga komputer dapat merekam acara televisi ke dalam hard disk atau media penyimpanan lain.
     
  6. FM Card
    • FM Card merupakan perangkat komputer yang bisa membuat komputer mampu memproses sinyal radio untuk menjadi suara karena spectrum gelombang radio menggunakan frekuensi.

  7. Game Card
    • Game Card merupakn Perangkat komputer sebuah kartu yang digunakan untuk bermain game.
     
  8. Modem Card
    • Modem Card (MOdulator DE Modulator) merupakan penggabungan antara dua kata dari kata MoDem. Modulator merupakan bagian yang mengubah sinyal informasi kedalam sinyal pembawa (carrier) yang siap untuk dikirimkan, sedangkan DE Mulator merupakan bagian yang memisahkan sinyal informasi (berisi data atau pesan) dari sinyal pembawa yang diterima sehingga informasi tersebut dapat diterima dengan baik.


Sumber :

No comments:

Post a Comment